Cara Membuat Knalpot Suara Garang Namun Ramah Lingkungan

Posted on

Bikin knalpot dengan suara keras tapi ramah lingkungan , mungkinkah? Kalau kita menelisik secara singkat mendengar dari suara Knalpot Ninja Racing pasti identik dengan suara yang keras dan melengking dan tidak nyaman di telinga. Kadangkala bikin kita menjadi bahan perhatian di jalan umum (atau mungkin ini tujuannya ya?) hehehee … gak juga kaleee…Dan ini juga untuk menjawab beberapa pertanyaan bahwa kenapa banyak biker pakai knalpot racing.

Membuat Knalpot Racing

Naaah Guys, disini akan kami uraikan secara singkat bagaimana suara knalpot racing ini bisa diganti sesuai keinginan para pengendara sepeda motor (kaya suara musik aja, bisa digonta ganti :). Namun seperti yang kami lansir dari berbagai sumber yang barangkali bisa dipercaya, hehehehe.

Knalpot suaranya bisa dibikin jadi adem dan empuk ditelinga dan pastinya akan lolos dari Razia dari bapak-bapak Polisi kita jika telinga mereka peka “Piss pak”. Hihihihi…. Knalpot Ninja .
Sebenarnya bagaimana caranya sih menjadikan suara dari knalpot lebih terdengar adem tapi nyaring? Lhaaaaa ini dia caranya.

Sebelumnya perlu kawan-kawan ketahui juga bahwa suara yang keluar dari lubang buangan knalpot itu sangat tergantung pada saringan dan glasswool yang berfungsi sebagai peredam yang ada di dalamnya. Tau saringan gak guys? Kalau kalian berfikir saringan ini sama dengan saringan santan, maka jawabannya benar 100%, alias benar-benar salah. hehehe, “Kidding bro”. Karena yang dimaksud saringan disini adalah saringan yang ada didalam silencer knalpot.

Naaah saringan santan eh saringan aja yang berada di dalam silencer itu yang bagus harusnya memiliki ukuran sekitar 1 milimeter guys,kenapa demikian? karena, hal ini bisa membuat glasswool lebih tahan lama. Naah tau gak, hal inilah yang membuat suara daripada knalpot lebih empuk dan adem (kaya es krim aja) hmmmm nyammmy, hehehe. Untuk glasswool itu sendiri terdapat 2 macam.

Baca Juga :  Tips Aman Berkendara Kendaraan Bermotor di Jalan Raya

Tau glasswool gak guys? Iya betul, glass wool yaitu serat peredam yang terdapat didalam tabung silencer, nah jenis daripada glasswool itu sendiri yaitu glasswool tipe racing dan Non Racing. Untuk yang berwarna Kuning untuk nonracing alias yang dipakai untuk peredam knalpot harian, dan yang yang berwarna putih mengkilap yang terbuat dari serat fiber dan ada juga yang terbuat dari serat baja anti bakar. Glasswool ini lah yang dipakai untuk knalpot jenis racing atau knalpot balap.

Dan sebaliknya, apabila kalian ingin menghasilkan knalpot dengan suara yang nyaring dan ngeblaaaaaar, maka saringan yang ada di dalam silencer knalpotnya bias memakai saringan dengan ukuran yang lebih besar. Atau kalau mau dilepas aja saringannya biar suaranya kedengaran sampai ke kampung sebelah….hihihihi. Knalpot Ninja .

Naaaaah demikian lah guys, sedikit cara yang bisa kawan-kawan gunakan agar knalpot racing nya bisa bersuara lebih adem dan empuk. Dan tidak terlalu menimbulkan polusi suara. 🙂 Oiya guys, menurut si empunya yang ahli pembuatan knalpot di bengkel Universe Knalpot memberitahukan bahwa cara yang di sampaikan diatas hanya digunakan untuk knalpot racing 4tak misal untuk knalpot motor Ninja z250, Suzuki Inazuma, dll :D. Jadi yang untuk knalpot motor 2 tak macam Kawasaki Ninja R/RR/SS atau yang lainnya, blm bisa. hehehehe…
Jadi kesimpulanya sangat memungkinkan bikin knalpot keras ramah lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *